Sensasi Lain, Laguna di Pantai Wediombo

Akhir pekan telah tiba, saya dan beberapa teman berencana untuk pergi berlibur. Seperti biasa terlebih dahulu kami melakukan ritual selancar di dunia maya. Kepo kesana kemari akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke Pantai Wediombo.

Pukul 09.00 berangkat dari Jogja menuju ke daerah Gunungkidul via Jalur Panggang. Meskipun cukup jauh kami tetap memilih melewati jalan ini karena menghindari macet. FYI, saat weekend dan musim liburan jalur utama Jogja ke pegunungan kapur ini biasanya selalu ramai dipadati oleh kendaraan yang menuju ke arah pantai.

Perjalanan yang kami lalui cukup jauh. Jarak pantai sampai ke Kota Jogja kurang lebih 80 Km. Estimasi waktu perjalanannya sekitar 3 jam berkendara. Pukul 12.00 kami telah sampai di Pantai Wediombo. Dari area parkir, aroma khas laut sudah cukup terasa selain itu kita juga bisa melihat pemandangan pantai dari ketinggian.

Sebelum beraktivitas kami menyempatkan diri untuk mengisi amunisi. Ada beberapa ibu yang menjajakan makanan tradisional khas Ndeso. Menu cukup beragam seperti pecel, sayur lombok ijo, nasi jagung dan lotis buah. Kami berhenti di sebuah warung sederhana di bawah pohon waru. Saya memesan nasi jagung plus pecel dan segelas es teh. Cukup dengan uang Rp 8.000,- perut kenyang hatipun senang. Seketika semangat menjadi 100%.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.Pantai Wediombo, Gunungkidul.

Sejauh mata memandang, garis pantai dari ujung ke ujung terlihat begitu panjang. Pantai pasir yang luas, sesuai dengan letak geografisnya yang landai dan berpasir putih bersatu dengan gugusan karang. Tempatnya juga teduh karena banyak pohon di sekitar pantai. Gradasi warna air biru laut dengan pasir putih berpadu dengan gugusan karang hitam mengkilat memanjakan mata. Ditambah lumut – lumut berwarna hijau yang hidup menempel di antara bebatuan.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.

Sebenarnya ada satu hal cukup menarik hati kami untuk datang ke Pantai Wediombo. Tempat yang saya maksud adalah sebuah laguna. Laguna merupakan sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya.

Letaknya ada di batu karang sisi paling ujung timur. Untuk mencapainya kita harus berjalan kaki menyusuri pantai atau bisa juga melewati sebuah jalan setapak menaiki bukit. Beberapa orang menyebut tempat ini dengan istilah Kolam Raja. Tempatnya memang sangat asyik. Betah berlama – lama disini.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.

Saat ombak datang, kolam ini akan terisi penuh dengan air. Sensasi deburan ombak menuju kolam inilah kemudian menjadi atraksi yang sangat luar biasa. Pengalaman yang persis seperti mendapat muntahan air dalam ember yang ada di waterboom. Bedanya yang ini lebih seru karena asli langsung dari alam. Kemudian air asin tersebut akan mengalir kembali menuju laut. Sangat pas untuk bersantai ria di tengah teriknya matahari.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.

Tidak terasa hari sudah menjelang sore. Ombak mulai pasang, kami bergegas untuk pulang. Namun sebelum pulang kami tidak mau melewatkan momen matahari terbenam di Pantai Wediombo. Beruntung sekali, sunset  sore itu sangat cantik. Senang rasanya bisa mengantar sang matahari kembali keperaduan.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.  Pantai Wediombo, Gunungkidul.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.

 

FYI. Salah satu band punk melodic asal Jogja yang bernama Endank Soekamti pernah membuat video klip di tempat ini. Judul lagunya adalah Luar Biasa feat Kemal Palevi. Berikut ini linknya:

 

Lokasi. Pantai Wediombo berada di Kabupaten Gunung Kidul. Tepatnya terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Posisinya ada di paling ujung timur setelah Pantai Siung. Kira – kira hampir memasuki perbatasan antara Provinsi D.I.Y dengan Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa tengah.

 

Minggu, 9 November 2014

The Ganks: Vita, Titi, Mas Affandi & Mas Santo.

Photos taken by Nita & Affandi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s