MONA: Museum of Old and New Art

ANEH! adalah satu kata untuk mengambarkan MONA. Museum ini memang amat sangat tidak wajar. Ya, bisa dikatakan berbeda dengan galeri-galeri seni pada umumnya.

Kebetulan di awal bulan Juni kemarin saya bersama Mas Barny sedang berada di Tasmania. Dari awal kami memang sudah tertarik sekali ingin mengunjungi MONA. Besyukur sekali saat kami kesini matahari bersinar sangat cerah.

Welcome to MONA!

MONA terletak sekitar 12 km ke arah utara pusat Kota Hobart tepatnya di areal perkebunan anggur Moorilla. Untuk sampai di tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik kapal Ferry yang khusus melayani perjalanan pulang-pergi menuju ke MONA . Harga tiket dan jadwal keberangkatannya bisa di cek disini .

DSCN8837
Mona Ferry Terminal terletak di Brook Street, Hobart.
DSCN8845
Dua jam sebelum keberangkatan Mas Barny membeli tiket secara online. Setelah mendapat kode booking kami tinggal datang kebagian penukaran tiket. Biaya masuk ke museum $25 dan tiket pulang-pergi menggunakan Kapal Ferry $15 total $40 atau sekitar Rp 400.000,- per orang jika di rupiahkan.
DSCN8842
MR-O and MR-1 akan menggantarkan kita menuju ke MONA.

DSCN8896

DSCN8869DSCN8898

DSCN8885

DSCN8894

MONA memang unik. Disini jangan harap akan menemukan papan petunjuk  yang menerangkan tiap karya seni. Karena saat masuk museum kita akan di bekali sebuah Ipod dan headphone yang menjadi pemandu pribadi. Semua detail keterangan karya seni di susun sedemikian rapinya. Cukup dengan membaca deskripsi, mendengarkan rekaman interview dari sang artist juga bisa sambil mendengarkan musik.

DSCN8992

Terlebih lagi ketika kita sedang berjalan si perangkat hitam pintar ini akan secara otomatis mendeteksi lokasi setiap karya seni yang berada di sekitar kita menggunakan teknologi geolocation.Jadi, secara langsung muncul di layar anda. Sangat mudah bukan!

DSCN8952

DSCN8954

MONA mulai di buka untuk umum pada bulan Januari 2011. Di bangun oleh salah seorang milyuner yang berprofesi sebagai penjudi profesional bernama David Walsh. Karya seni yang di tampilkan merupakan koleksi pribadi dari Mr. Walsh. Wujudnya juga sangat beraneka ragam mulai dari hasil kebudayaan kuno seperti mumi dari mesir, karya artistik modern yang sangat terkenal hingga pemikiran-pemikiran seni kontemporer dunia

DSCN8939
Anemograph karya Cameron Robbin yang sedang di pamerkan di Field Lines Exhibition.
DSCN8950
Hasil foto cahaya yang di tangkap oleh instrumen anemograph.
DSCN8936
Solar Longerheads, instalasi ini menggunakan kekuatan tenaga cahaya matahari untuk membuat pola di media datar.
DSCN8942
Sonic Wind Section – sound installation.

 

Di bawah ini adalah foto instalasi favorit saya “Cloaca Poop Machine”. Jangan kaget ya kalo sudah masuk keruangan ini akan mencium bau yang tidak sedap. Ya, karena anda sedang berada di dalam perut anda sendiri. Ups!

Cloaca merupakan hasil karya Wim Devolye yang memasukkan mikroba hidup dari dalam sistem pencernaan manusia ke dalam sebuah seni instalasi. Mikroba ini di beri makan dua kali sehari dengan makanan yang sama seperti yang kita makan seperti kue, pizza, burger, dll. Setelah mengalami serangkaian proses semua makanan tersebut akan berubah bentuk menjadi feses.

DSCN8964
Rangkaian dari Cloaca Poop Machine.
DSCN8958
Snake – mixed media on paper, 1,620 sheets.

DSCN8976

DSCN8969

 

Ohh ya, MONA tidak hanya melulu tentang museum. Disini juga terdapat kafe, restoran, bar, brewery, winery, bioskop juga hotel. Panorama sungai, pegunungan dan kebun anggur menjadi nilai plus dari MONA. Tempat ini juga bisa di sewa untuk beberapa event seperti pernikahan dan konser musik.

 

DSCN8912

DSCN8988

DSCN8990 DSCN8989

DSCN9005

DSCN9014

DSCN9002

DSCN9020

DSCN8996

DSCN8908

Setelah puas seharian berkeliling, kami kembali lagi ke Hobart. Sebagai orang awam saya sangat merasa senang mengunjungi tempat ini karena sangat di mudahkan untuk memahami karya seni dengan penyampaian yang sederhana.

Menurut saya MONA menawarkan pengalaman lain daripada yang lain. Kolaborasi seni dan teknologi audio visual yang sangat pintar. Tidak salah jika dinobatkan menjadi Australia’s Most Controversial Museum. Jadi, wajib masuk ke daftar tempat yang harus anda kunjungi ketika berada di Hobart.

 

Date: Wednesday, 8 June 2016

655 Main Road Berriedale
Hobart Tasmania 7011
Australia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s